BERITA GEMBIRA,,,!!ANGGARAN UNTUK GURU HONORER MENINGKAT

Assalamualaikum wr wb,,, selamat malam rekan-rekan guru tercinta,kali ini kami akan memberikan informasi menarik, terbaru dan pastinya terpercaya, untuk lebih jelasnya silahkan baca informasi dibawah ini,,,,,,,

[JAKARTA] Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah melakukan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kapasitas guru honorer dengan peningkatan alokasi anggaran mencapai lebih dari 100 persen.

Dia menyebutkanm anggara untuk guru honorer dialokasikan tahun lalu  untuk 43 ribu guru dengan menghabiskan dana senilai Rp 155 miliar. Sedangkan 2016, ada 108 ribu guru  dengan alokasi dana senilai Rp 389 miliar sehingga peningkatannya lebih dari 100% untuk peningkatan kapasitas guru honorer melalui program Guru Pembelajar.

’Semua harus kita dorong, karena semua guru untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,“kata Anies pada  Rapat Kerja dengan Komite 3 Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Gedung DPD RI, Jakarta, Rabu (3/2).

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini mengatakan, bukan saatnya lagi membedakan mana guru pemerintah, dan yang bukan karena untuk mencerdaskan kehidupan bangsa para guru didorong untuk mengikuti  program Guru Pembelajar yang tahun ini menjangkau 451 ribu guru dengan anggaran Rp 865 miliar. tahun sebelumnya  anggarannya  disedikan senilai Rp 262 miliar untuk 131.000 guru

Meski demikian, dia mengaku, masalah guru honorer  bukan hanya soal pengangkatan  sebagai masalah di hilir. Ada masalah rekrutmen di hulu yang dilakukan oleh Kabupaten/Kota sehingga mengalami  kelebihan atau kekurangan guru di suatu daerah maka  untuk mengatasinnya  perlu diatur dengan  redistribusi guru.

“Kalau redistribusi guru bisa dilakukan dengan baik, maka sebagian persoalan bisa kita selesaikan,” kata Pendiri Indonesia Mengajar itu. 

Selanjutnya, dia menuturkan, dalam mengatasi  persoalan guru honorer yang merupakan persoalan lintas kementerian maka perlu  tingkatkan penataan melalui Peraturan Presiden (Perpres)  karena beberapa hal menjadi bagian kementerian lain.

Meski demikian, Anies menuturkan,  pihaknya telah meningkatkan anggaran untuk insentif guru swasta atau guru honorer lebih dari 100 persen  yang  menjadi tanggung jawab Kemdikbud  untuk  pelatihannya.

(sumber :beritasatu.com)

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat terutama untuk rekan-rekan guru honorer kita,SALAM GURU INDONESIA!!

Artikel Cari Data Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top