Buku Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 PAUD/TK ini merupakan contoh yang memungkinkan penyesuaian lebih lanjut dengan kondisi, potensi, dan budaya setempat. Hal penting dalam Kurikulum 2013 PAUD adalah keterbukaan dalam menerima perubahan, baik perubahan dalam cara berpikir, kebiasaan, sikap, maupun cara kerja. Perubahan tersebut akan berimbas pada perubahan sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik.
Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan acuan pelaksanaan kurikulum PAUD 2013 sesuai dengan teori, filosofi , dan landasan pengembangan kurikulum tersebut yang disertai dengan contoh-contoh penerapannya.
Pada bagian ini akan dipaparkan beberapa hal yang menjadi dasar pemikiran lahirnya. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia.
Pokok-pokok pikiran yang akan dipaparkan yaitu:
• Apakah Makna PAUD dalam Pembangunan Bangsa?
• Kemanakah Arah Pembangunan PAUD di Indonesia?
• Mengapa PAUD Memerlukan Kurikulum Berkualitas?
• Apa sajakah yang menjadi Landasan Pengembangan Kurikulum PAUD di Indonesia?
• Apakah Makna PAUD dalam Pembangunan Bangsa?
• Kemanakah Arah Pembangunan PAUD di Indonesia?
• Mengapa PAUD Memerlukan Kurikulum Berkualitas?
• Apa sajakah yang menjadi Landasan Pengembangan Kurikulum PAUD di Indonesia?
Semua pertanyaan di atas merupakan pertanyaan kunci yang mendorong lahirnya Kurikulum 2013 PAUD di
indonesia. Paparan setiap jawaban dari pertanyaan di atas dapat diunduh melalui tautan berikut :
0 comments:
Post a Comment