Juknis Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) Tingkat SMP Tahun 2016

Lomba Penelitian Siswa Nasional yang disingkat LPSN adalah suatu kegiatan penelitian siswa yang diarahkan pada pengembangan IPTEKS, dan ditulis dalam sebuah makalah ilmiah sebagai bahan penilaian dalam kompetisi ilmiah. LPSN SMP tahun 2016 dilaksanakan dalam bentuk LPSN Keluarga Sebangsa Kontak Ilmuwan.

Untuk Ruang lingkup LPSN 2016 mencakup tiga bidang keilmuan, yaitu;
1. Ilmu Pengetahuan Sosial Kemanusiaan dan Seni.
2. Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan
3. Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa

Tema Lomba Penelitian Siswa Nasional tahun 2016 adalah ”Meningkatkan Sifat Kritis dan Kreatif (Kreativitas dan Pemikiran Kritis) pada Siswa melalui Penelitian Ilmiah”.
Sub Tema :”Memanfaatkan Sumber Daya yang tersedia di lingkungan sekitar Guna Menumbuhkembangkan Inovasi, Invensi , dan Daya Cipta Siswa di Sekolah”.

Juknis Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) Tingkat SMP Tahun 2016


Persyaratan peserta LPSN SMP tahun 2016 adalah sebagai berikut:
1. Berkewarganegaraan Indonesia;
2. Terdaftar dan aktif sebagai siswa SMP/MTs/Sederajat baik negeri maupun swasta;
3. Berkelompok minimal 2 dan maksimal 3 siswa dalam setiap topik penelitian yang dipilih. Hasil penelitian belum pernah dilombakan pada lomba lain tingkat nasional. Panitia akan mengundang 1 orang anggota kelompok untuk mengikuti LPSN Tingkat Nasional sebagai finalis, bagi naskah yang terpilih; dan
4. Peserta baik perorangan maupun kelompok bukan peraih medali emas, perak dan perunggu pada lomba tahun sebelumnya yang diadakan Direktorat Pembinaan SMP.

Judul karya ilmiah/topik penelitian ditentukan oleh peneliti utama dan/atau bersama anggota kelompoknya yang mengacu pada tema dan sub tema LPSN SMP tahun 2016.

Materi yang diajukan harus berupa ide/gagasan murni dari siswa yang aktual, kreatif, dan kritis untuk kemudian diperoleh data melalui proses penelitian. Data yang diperoleh melalui hasil penelitian kemudian dianalisis dan dibahas secara kritis dan sistematis, serta diberikan kesimpulan sesuai dengan rumusan masalah. Hasil penelitian ilmiah ditulis sesuai dengan kaidah karya tulis ilmiah.

Ketentuan Lomba
1. LPSN SMP 2016 dibuka sejak diumumkan. Semua naskah karya ilmiah untuk lomba tingkat nasional telah diterima oleh panitia selambat-lambatnya 31 Agustus 2016.
2. Peserta lomba adalah siswa yang masih terdaftar di SMP/MTs/Sederajat baik negeri ataupun swasta di seluruh Indonesia yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah.
3. Finalis tingkat nasional bertugas mempresentasikan bertugas mempresentasikan hasil penelitiannya.
4. Peserta lomba diwajibkan melampirkan riwayat hidup, ditulis tangan atau diketik dan diketahui oleh kepala seko-lah. Dalam daftar riwayat hidup agar dicantumkan alamat sekolah (kab/kota dan provinsi), beserta nomor telepon/faksmili/HP/email yang mudah dihubungi.
5. Naskah karya ilmiah yang dikirimkan harus asli dan ditambah tiga rangkap salinan/foto kopi.
6. Naskah karya ilmiah yang dilombakan menjadi hak milik panitia dan dapat disebarluaskan oleh panitia melalui media massa ataupun media lainnya dengan mencantum-kan nama penelitinya sebagai sumber data.
7. Peneliti yang terpilih sebagai finalis akan diundang mengikuti lomba tingkat nasional pada bulan Oktober 2016 untuk mengikuti tes wawancara/presentasi di depan dewan juri, sekaligus siap menjadi keluarga sebangsa kontak ilmuwan.
8. Para finalis diwajibkan membawa pas foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar, foto kopi kartu pelajar, dan surat keterangan dari kepala sekolah.
9. Para finalis diwajibkan membawa materi sebagai bahan presentasi (soft copy) atau prototipe/alat peraga hasil ciptaan, untuk dipresentasikan dihadapan dewan juri. Pada saat presentasi, alat tersebut harus dapat diopera-sikan sesuai dengan fungsinya.
10. Para finalis yang tidak hadir dalam tes wawancara/ presentasi dinyatakan gugur sebagai finalis.
11. Para finalis wajib mengenakan pakaian seragam sekolah pada saat tes/wawancara dihadapan dewan juri.

Selengkapnya silahkan unduh Juknis Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) Tingkat SMP Tahun 2016 disini :

Artikel Cari Data Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top