Sebaik Apapun Kurikulum, Kalau Gurunya Tidak Berkualitas Juga Akan Percuma, setuju ?

Kualitas pendidikan bukan di tunjang hanya dari kurikulumnya namun kesiapan dari tenaga pendidik misalanya kedisiplinan dan kompetensi pendidik itu sendiri .

Infoguru.click --- Surabaya, Mendikbud Muhadjir Effendy menegaskan untuk terus melanjutkan sistem kurikulum yang diterapkan di dalam sistem pendidikan di Indonesia saat ini.

Namun, ia menilai kurikulum hanyalah bagian luar dari sebuah sistem pendidikan. Sehingga, tak menutup kemungkinan kurikulum akan berganti ke depannya.

Mendikbud Indonesia
"Kurikulum yang ada akan jalan terus, tapi kurikulum itu hanya nama karena sebaik apapun kurikulum, kalau gurunya tidak berkualitas juga akan percuma. Jadi, kualitas pendidikan tidak ditentukan kurikulum berganti atau tidak, namun kualitas pendidikan itu sangat ditentukan oleh kualitas guru," tutur Muhadjir di Surabaya, Sabtu (6/8/2016).

Adapun, kualitas seorang guru ditentukan oleh tiga parameter, yakni expert (keahlian) atau profesionalisme, tanggung jawab sosial pada kualitas pendidikan dan panggilan hidup (jiwa korsa).

"Kalau guru itu memiliki tiga parameter itu, maka dia akan tahu apa yang harus dilakukan. Bahkan, ekstremnya itu tanpa kurikulum pun akan tetap bisa jalan. Kalau kita fokus pada kurikulum dan mengabaikan kualitas guru, maka kualitas pendidikan akan sulit tercapai," katanya.


Untuk Informasi terbaru lainya silahkan lihat disini

Semoga dengan informasi di atas guru lebih semangat lagi dalam meningkatkan komtensinya terutama di zaman teknologi seperti ini, guru juga harus melek dengan IT .

Artikel Cari Data Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top