Arti Kata Guru dan 7 Tugas Inti Seorang Guru Nomer 4 Paling Sulit

Asslamualaikum wr.wb . Salam sejahtera untuk kita semua semoga kita selalu di berikan kesehatan dan rezeki yang cukup dan berkah , langsung saja kita baca artikel bermanfaat berikut ini .

Infoguru.click --- Guru merupakan sumber belajar diri kita dalam memperoleh pengetahuan. Dua pengertian guru, arti sempit yaitu seorang pendidikan yang berada di sekolah formal, informal dan non formal. Arti luas, bahwa guru adalah seseorang atau sesuatu yang bisa menjadi sumber untuk belajar, tak terbatas pada manusia atau makhluk hidup, tapi dapat berupa benda tak hidup.  Inilah 7 Arti Penting Dari Kata Guru Itu sendiri yang harus di miliki oleh seorang Guru .

Gambar Ilustrasi
1. Menarik - Guru harus menarik bagi siswa/i. Kita tahu semua, bahwa seluruh guru di Indonesia menarik perhatian bahkan hati para siswa/i. Faktanya guru menarik hati siswa/i, siswa/i suka belajar dengan gurunya tersebut. Bahkan, ada beberapa siswa/i tak sabar menunggu hari esok untuk menemui gurunya di kelas dalam pembelajaran.

2. Adil - Guru memang dituntut adil terhadap siswa/i. Guru adalah guru yang melakukan apa saja dalam tugasnya secara objektif. Guru demikian adalah guru demokratis, tidak memihak siswa/i tertentu, misalnya hanya perhatian dengan siswa/i yang pintar. Sehingga, guru yang adil adalah merata sikap dan tanggung jawabnya. Adil terhadap siswa dan waktu beraktivitas. Adil akan mengharumkan nama Tuhan dalam tindakan nyatanya.

3. Ketiga - Naungan. Naungan berarti pelindung. Guru adalah pelindung bagi siswa/inya baik secara badaniah, jiwa maupun karakternya. Karena itu, guru bertanggung jawab terhadap penumbuhan karakter siswa/inya. Guru, pelindung bagi jiwa-jiwa muda, generasi peradaban, karena di tangan mereka pertaruhan nama Indonesia ke depannya. Ajarilah dalam naungan guru, siswa/i hal-hal yang baik, berkarakter ke Indonesiaan. Munculkan kreatifitas dan etos belajar mereka dalam menyongsong Indonesia Emas.

4. Amanah - Dalam etos kerja, Jean Sinamo menyebut kerja adalah amanah, demikian juga guru adalah profesi amanah. Profesi guru adalah panggilan hati, tidak semua orang dapat menekuni profesi ini. Semua orang dapat menjadi guru, tetapi tidak semua orang bisa mengabdi sebagai guru.

5. Anugerah -  Guru adalah anugerah terindah dari Tuhan yang telah memilih pribadi-pribadi cerdik cendikia pemuda Indonesia untuk menjadi guru. Patut disyukuri oleh kita semua bahwa ada generasi penerus yang meneruskan profesi guru, seiring pergantian waktu ada saja generasi muda yang menggeluti profesi ini. Mungkin ada hubungannya dengan anak beranak. Semenjak masih ada anak dalam keluarga maka profesi ini tidak akan hilang.

6. Digugu - panutan). Perlu menjadi catatan penting kita semua bahwa guru adalah panutan. Kita semua adalah guru, ketika di lampu merah menyala kita adalah guru. Ketika memiliki sampah di tangan, kita menunjukkan diri sebagai guru bagi orang lain dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Dalam hal perilaku, kita menjadi contoh cerdas seksual dengan akal budi, tidak main seruduk, ada lobang – hantam jak, menjijikkan. Cerdaslah kita sebagi panutan. Mari menyalakan lilin kita sendiri, dari pada kita mengutuki kegelapan.

7. Andalan - Menjadi guru yang dapat diandalkan, karena menjadi orang yang digugu dan ditiru. Guru harus terdepan dalam hal menjadi contoh perilaku dan pribadi yang baik. Guru adalah andalan berbagai bidang. Bersedia menjadi di depan dalam hal kepemimpinan, manajemen waktu, bersikap baik dan berperilaku baik, santu, setia dan taat, terutama taat dengan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, setia mendukung NKRI.


Untuk Informasi Terbaru dan Terupdate Seputar Guru dan Pendidikan Bpak Ibu Guru Bisa di Lihat Disini

Itulah 7 Makna dan tugas inti seorang guru , mudahan setelah membaca dan mengetahuinya bisa menjadi pembelajran tersendiri dan menjadi evaluasi sendiri , apakah kita sudah menjadi Guru yang sebenarnya .

Artikel Cari Data Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top