Penting! Guru Harus Siap Terapkan K13

Selamat malam dan salam sejahtera untuk kita semua, terutama untuk bapak ibu guru seluruh indonesia, semoga selalu menjadi pahlawan tanpa tanda jasa yang akan merubah bangsa menjadi lebih baik .

Infoguru.click --- Kurikulum 2013 (K13) yang telah dievaluasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan diterapkan secara bertahap mulai  2016. Guru harus siap menerapkan K13 di sekolah karena penerapan K13  menjadi komitmen pemerintah.

Demikian diungkapkan Kasubdit Kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Eko Warisdiono saat memberikan pengarahan kepada peserta Rakor Implementasi K13 dan Penjamin Mutu di Hotel Pangeran, Rabu (4/5). Ia juga menyebutkan, implementasi kurikulum yang dilakukan secara bertahap hingga 2018 mendatang merupakan suatu cara dilakukan agar guru dan siswa bisa dilakukannya penguatan .
Gambar Ilustrasi K13
”Koordinasi itu diperlukan dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 di seluruh sekolah,”ujarnya.

Di K13 itu semua sudah disiapkan, langkah-langkah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), indikator belajar, bahan ajar semua sudah disiapkan tinggal pengayaan saja. Tapi kalau guru malas membaca ya itu akan jadi beban bagi mereka, “ tambahnya.

Ia mengimbau kepada para guru agar tidak perlu khawatir terhadap penerapan K2013 kali ini.  Padahal sesungguhnya K13 memiliki konsep yang baik untuk pendidikan. ”Kita berharap guru-guru siap menerapkannya di sekolah. Masalahnya selama ini gurunya yang tidak mau berubah, tidak mau menerima pembaharuan. Saya kira kalau terbuka hatinya, pasti itu bisa dilakukan, “ ungkapnya.

Sementara itu, Kepala LPMP Riau Drs H Mulyatsyah MM menilai, sasaran utama K13 sebenarnya para guru yang akan menjadi ujung tombak sukses tidaknya K13.

”Merubah sikap mental seperti kebiasaan sekecil apapun dalam praktiknya memang kadang susah diaplikasikan. Jika guru komitmen, maka sedikitnya anak didikpun akan memiliki perubahan mental sebagaimana standar dalam K13 seperti Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian,” jelasnya.(tya/riaopos)

Untuk informasi dan berita lainya silahkan lihat disini

Semoga bermanfaat .

Artikel Cari Data Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top