Program Semester (Prosem/Promes) PAUD/TK Kurikulum 2013 Usia 4-5 Tahun Semester 1 dan 2

Program Semester (Prosem/Promes) PAUD/TK Kurikulum 2013 Usia 4-5 Tahun - Program Semester atau yang dikenal dengan Prosem/Promes wajib dibuat oleh seorang guru PAUD. Kenapa? Karena Program Semester mencerminkan pembelajaran yang akan dilaksanakan selama 1 semester kedapan. 

Perencanaan program semester berisi daftar tema satu semester yang dikembangkan menjadi subtema atau sub-subtema, serta kompetensi yang ditetapkan untuk dicapai pada setiap tema, dan alokasi waktu setiap tema.

Adapun langkah-langkah dalam membuat Program Semester PAUD, yakni :
1. Membuat daftar tema satu semester. Pemilihan dan penentuan tema dilakukan guru sebelum awal semester kegiatan pembelajaran dimulai dengan memperhatikan prinsip pengembangan tema.
2. Mengembangkan tema menjadi subtema dan atau sub-subtema. Subtema dan sub-subtema yang dikembangkan merupakan topik-topik yang lebih khusus dan lebih dalam. Kekhususan dan kedalaman subtema dan sub-subtema memperhatikan usia anak, kesiapan guru, dan ketersediaan sumber belajar
pendukung. Pengembangan tema dapat dipelajari pada Pedoman Pengembangan Tema.
3. Menentukan alokasi waktu untuk setiap tema, subtema dan atau sub-subtema. Waktu pembahasan setiap tema/subtema/subsubtema disesuaikan dengan minat anak, keluasan, kedalaman, dan sumber/media yang tersedia.
4. Menetapkan Kompetensi Dasar (KD) di setiap tema. Penentuan KD memuat seluruh aspek perkembangan Nilai Agama dan Moral (NAM), fi sik-motorik, kognitif, sosial-emosional (sosem), bahasa, dan seni.
5. KD dapat ditulis lengkap atau dapat dituliskan kodenya saja.
6. KD dapat diulang-ulang di tiap tema/subtema/sub-subtema yang berbeda.
7. Tema/subtema/sub-subtema yang sudah ditentukan di awal dapat berubah bila ada kondisi tertentu dengan melibatkan anak tanpa
harus mengubah KD yang sudah ditetapkan.

Program Semester (Prosem/Promes) PAUD/TK Kurikulum 2013 Usia 4-5 Tahun Semester 1 dan 2

Sebagai bahan referensi, berikut ini admin bagikan contoh Program Semester (Prosem/Promes) PAUD Kurikulum 2013 Usia 4-5 Tahun Semester 1 dan 2 :

Artikel Cari Data Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top