Banyak Guru Masih Kesulitan Mengimplementasikan Kurikulum 2013

Assalamualaikum wr.wb, selamat pagi minggu dan salam sejahtera untuk kita semua rekan rekan guru Indonesia, Seringnya berubah Kurikulum di Indonesia memang membuat banyak Guru Kesulitan dalam mengplikasikanya .

Infoguru.click --- Jakarta, Di sejumlah daerah, guru-guru mengeluh kesulitan menerapkan Kurikulum 2013 (K-13). 

Keluhan guru menjalankan K-13 itu banyak masuk ke layanan pengaduan Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). 

Sekjen FSGI Retno Listyarti menjelaskan, masalah tersebut muncul di sekolah-sekolah yang baru mulai menerapkan K-13 tahun ini. 

”Aturan Kemendikbud jelas. K-13 di sekolah yang baru melaksanakan diterapkan di kelas I, IV, VII, dan X,” katanya di Jakarta kemarin (23/7).

Gambar Demonstrasi Penolakan k-13
Namun, di lapangan, sebut Retno, ada sekolah yang menerapkan K-13 untuk kelas lain. Itu membuat guru yang belum dilatih K-13 menjadi bingung. Buku pembelajaran berbasis K-13 juga belum ada. 

Perempuan yang juga guru di Jakarta tersebut mengatakan, dinas pendidikan seharusnya mengikuti arahan Kemendikbud. Kelas-kelas yang belum waktunya menerapkan K-13 tetap memakai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Menurut dia, guru tetap butuh pelatihan K-13 supaya tidak bingung dalam mengajar.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Totok Suprayitno membenarkan bahwa tidak semua kelas di sekolah yang baru menjalankan K-13 diajar menggunakan K-13. Dia menerangkan, di sekolah baru itu, K-13 baru diajarkan di kelas I, IV, VII, dan X. 

”Ditjen Dikdasmen (Pendidikan Dasar dan Menengah) Kemendikbud sudah melakukan sosialisasi kepada daerah,” ujarnya.

Totok berharap implementasi K-13 di sekolah yang baru menerapkan tahun ini mengikuti program Kemendikbud. Tidak ada yang mendahului dengan menerapkan K-13 di semua tingkat kelas. Kecuali sekolah yang sudah tiga tahun menjalankan K-13, seluruh tingkat sudah memakai K-13.

Tahun ini Kemendikbud menambah cukup banyak sekolah pelaksana K-13. Total di semua jenjang, ada 38 ribuan unit sekolah yang baru menjalankan K-13. 

Sebelumnya jumlah sekolah yang telah menjalankan K-13 sekitar 17 ribu. Jadi, secara keseluruhan, tahun ini ada 55 ribu sekolah –mulai SD, SMP, hingga SMA/SMK– yang memberlakukan K-13
Sumber : (http://www.jpnn.com/) .

Untuk melihat Informasi terbaru seputar Guru dan Informasi Pendidikan Lainya silahkan lihat disini

Semoga Informasi di atas dan ada manfaatnya untuk Bapak Ibu Guru, dan pemerintah lebih menyempurnakan kurikulum 2013 ini agar para Guru, lebih mudah dalam menggunakanya, mungkin hanya ini yang bisa kami sampaikan, Salam Pendidikan .

Artikel Cari Data Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top