SEBANYAK 147 IJAZAH PNS BELUM DIKONFIRMASI KE ASLIANYA


Apakah..........?yang terjadi pada pns ini sehingga ijazahnya tidak terdeteksi komputer pada saat didata,Simak infonya sebagai berikut:

Sebanyak 147 ijazah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran pemerintah daerah (Pemda) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) belum terkonfirmasi keasliannya.
Kepala Bidang Pengawasan dan Penegakkan Disiplin, Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Boltim Ade Herly Mokoginta mengatakan sebanyak 325 ijazah PNS yang dikonfirmasi ke perguruan tinggi dan baru Universitas Negeri Manado dan Stain Manado yang memberikan tanggapannya.

"Unima ada 162 dan Stain 16 ijazah yang sudah memberikan konfirmasi ijazahnya terdaftar," ungkapnya, pada Selasa (26/7).
Sebanyak 40 ijazah yang dikonfirmasi di Universitas Sam Ratulangi hingga kini belum ada tanggapan. Begitu pun dengan ijazah lulusan perguruan tinggi swasta yang dikonfirmasi melalui Koordinator Perguruam Tinggi Swasta (Kopertis) Makassar sebanyak 107 ijazah belum mendapat klarifikasi. "Kita masih menunggu konfirmasi dari kopertis," ucapnya.


Dia menjelaskan ijazah yang dikonfimasi tersebut awalnya sudah mereka cek secara online ke pangkalan data dirjen perguruan tinggi. Ratusan ijazah terdaftar, namun tak sedikit yang tidak terdaftar.
"Tidak terdaftar di pangkalan dikti bukan berarti ijazah palsu. Makanya kami minta klarifikasi langsung perguruan tinggi bersangkutan," ungkapnya.
Katanya, Boltim memiliki 2044 orang ASN, namun penelitian ijazah hanya kepada 1.231 PNS yang terdiri 1.210 orang lulusan S1, 19 lulusan S2, dua lulusan S3.

"Bagi pengguna ijazah palsu bisa penurunan pangkat dan jabatan serta penurunan gaji bahkan terancam pidana karena telah merugikan negara," tegasnya.
Penelurusan Tribun Manado, beberapa PNS Boltim terutama guru diduga menggunakan ijazah instan atau ijazah asli tapi palsu. Pasalnya mereka mengikuti kuliah jarak jauh yang dibuka perguruan tinggi swasta di Boltim. Tapi tak ada aktivitas perkuliahan, namun tak lama kemudian sudah di wisuda.


Demikian info ini atas segla perhatianya terima kasih.

Artikel Cari Data Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top